....Selamat untuk anakku Alifia Qurata Ayun wisuda Sarjana Farmasi.....

Selasa, 26 April 2011

Inilah Perbedaan Utama Gula Kelapa (Gula Merah) dan Gula Aren

Inilah Perbedaan Utama Gula Kelapa (Gula Merah) dan Gula Aren

GI_500_3

Kita tahu bahwa gula aren berbeda dengan gula kelapa (sering disebut gula jawa atau gula merah) dalam hal :

1. Sumber niranya.
Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren.

2. Komposisi kimianya.
Komposisi gula sederhana dan gula komplek antara gula aren dan gula kelapa sangat berbeda. Juga kandungan zat gizi dan non gizinya sangat berbeda.

3. Sifat fisiknya.

Salah satu sifat fisik yang mencolok perbedaannya adaah warnanya. Gula aren lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Apalagi gula aren yang berasal dari Banten, relatif lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Hal ini terkait dengan proses pemanenan nira aren dan pengoahannya.

4. Sifat organoleptiknya.

Satu-satunya keunggulan dari gula aren jika dibandingkan dengan gula kelapa adalah aromanya. Aroma gula aren sangat khas keharumannya sehingga digunakan dalam pembuatan beberapa minuman khas daerah seperti bandrek dll. Juga digunakan sebagai
pemanis dalam pembuatan kopi. Namun dari sisi kesehatan, jauh lebih baik gula kelapa.

5. Glikemik indeks nya.
Glikemik indeks gula aren nilainya 70. Angka ini adalah 2x lebih besar dibandingkan nilai glikemik indeks gula kelapa yang niainya 35.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa glikemik indeks gula aren nialinya 35, tetapi setelah kami telusuri ternyata mereka salah mengutip dari gula kelapa. Hal ini dapat membahayakan kesehatan bagi pelaku diet, apalagi bagi penderita diabetes.

Sumber : http://gulapasirmerah.com/inilah-perbedaan-utama-gula-kelapa-gula-merah-dan-gula-aren.html).

2 komentar:

  1. Wah...ternyata angka glisemixy beda ya? dipasaran malah gula aren diberi tanda antidiabet.....bahaya ni

    BalasHapus
  2. Maaf sepertinya keliru juga menyebut gula aren dengan index glucemik 70. Gula pasir saja yang kandungan sukrosanya 99, % index glicemiknya berikusar antara 65-70. Bagaimana bisa gul aren mempunyai IG 70. Kelihatannya yang menyebut gula aren dengan IG 70 merefer pad IG brown sugar (yang dalam perdagangan international digunakan untuk gula pasir mentah atau yang belum direfinasi) yang tentunya IG-nya sekitar 70. Hati2 ya.

    BalasHapus